JMDN logo

ITDC Tingkatkan SDM Pelayanan Tamu "Homestay" di Desa Penyangga

📍 Desa Wisata
6 Juli 2025
7 views
ITDC Tingkatkan SDM Pelayanan Tamu "Homestay" di Desa Penyangga

Lombok Tengah, 06/7 (ANTARA) - InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) melaksanakan program pelatihan manajemen homestay dan layanan tamu untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang ada di desa penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).


"Pelatihan ini menyasar warga yang memiliki rumah berpotensi menjadi homestay, khususnya 3-5 rumah yang telah memenuhi standar dasar dari sisi struktur bangunan dan lokasi," kata General Manager The Mandalika Wahyu M Nugroho di Lombok Tengah, Minggu.


Materi pelatihan meliputi pengelolaan ruang inap, sanitasi, teknik penyambutan tamu, sistem reservasi, hingga penataan interior yang mencerminkan kearifan lokal.


Proses pendampingan dilakukan secara langsung oleh dosen Poltekpar Lombok dengan dukungan mahasiswa sebagai fasilitator teknis di lapangan.


”Ini merupakan wujud komitmen ITDC untuk menghadirkan manfaat nyata bagi masyarakat sekitar kawasan," katanya.


Ia mengatakan pihaknya percaya bahwa pengembangan KEK Mandalika harus sejalan dengan peningkatan kapasitas dan kesejahteraan masyarakat lokal.


ITDC sebagai pengembang dan pengelola KEK Mandalika mendorong kolaborasi lintas sektor, termasuk dengan institusi pendidikan, untuk memperkuat kompetensi masyarakat.


"Desa Prabu sebagai salah satu desa penyangga yang memiliki potensi besar," katanya.


Sebelumnya, rangkaian kegiatan tersebut telah diawali dengan pelatihan pengolahan dan penyajian kuliner khas Desa Prabu pada Juni 2025.


"Program ini akan terus berlanjut hingga September mendatang, dengan fokus pelatihan penyusunan paket wisata berbasis potensi lokal dan pelatihan pembuatan konten digital untuk promosi destinasi," katanya. (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Berita Populer

Berita Populer